BRIN Bakal Lanjut Riset Pemetaan Sesar Baribis

BRIN Bakal Lanjut Riset Pemetaan Sesar Baribis

  • BRIN akan melanjutkan penelitian untuk memetakan Sesar Baribis, kemungkinan di Jakarta. masa lalu
  • brin-sesar-baribis
  • Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan terus mengkaji pemetaan Sesar Baribis yang mungkin melintasi Jakarta dan daerah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memitigasi gempa pada tahun 2022.
  • “Sesar Baribis ini terlihat seperti garis merah di Jakarta, tapi insya Allah tahun depan ini akan dieksplorasi lebih lanjut,” kata Danny Hilman Natawidjaja, profesor peneliti geologi gempa dan kebencanaan di BRIN Earth Science Research Organization, dalam seminar virtual dengan judul “Refleksi di penghujung tahun.: Bacaan Ilmiah Bencana 2021 di Indonesia”, Senin (28 Desember).
    Selain itu, kata Prof Danny, pihaknya sudah menyiapkan program khusus tahun depan untuk lebih tepatnya memetakan Sesar Baribis di Jakarta. Mereka juga akan melakukan pemetaan dan analisis segmentasi sesar Baribis-Kendeng untuk wilayah lain seperti Semarang dan Surabaya yang dilalui sesar tersebut.
  • Jika terjadi pergerakan sesar ini maka akan terjadi gempa bumi, besarnya gempa tergantung seberapa besar pergerakannya dan berapa lama retakan saat gempa terjadi. “
  • – Danny Hilman Natawidjaja, Profesor Riset untuk Gempa dan Geologi Bencana di Organisasi Riset Ilmu Kebumian BRIN –
    Prof Danny dan timnya saat ini sedang menelusuri jalur sesar aktif di Jawa Utara yaitu Sesar Baribis-Kendeng. Pemeriksaan Sesar Baribis di daerah Subang menunjukkan bahwa sesar tersebut sangat aktif akibat pecahnya atau deformasi endapan alluvium berumur Holosen muda.
  • “Kami sudah petakan sepertinya Sesar Baribis melewati Jakarta,” kata Prof Danny.
  • Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati sebelumnya mengatakan, patahan Baribis memicu gempa besar di Jakarta pada masa penjajahan Belanda. Namun, hal ini masih kontroversial, menurut Sri Widiyantoro, dosen Fakultas Teknologi Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) Institut Teknologi Bandung (ITB).
  • “Bahkan ada kajian yang menyebutkan patahan Baribis mengarah ke Jakarta. Tapi kami di timnas sekali lagi berusaha mencari bukti di lapangan. Belum jelas di lapangan,” kata Widiyantoro.
    Potensi goyang Jakarta
    Selain sesar Jakarta, Dwikorita juga menyatakan bahwa lokasi Jakarta yang berada di dekat sesar aktif membuatnya rentan terhadap gempa yang cukup parah.
    “Saya tidak tahu dari mana gempa itu, saya yakin Jakarta (getarannya) akan terasa kuat,” kata Dwikorita.
  • Ia menambahkan, kuatnya getaran di Jakarta yang disebabkan oleh kontur tanah di bawah permukaannya, selain letaknya yang merupakan jenis tanah aluvial. Tanah aluvial ini dapat terasa lebih peka terhadap getaran gempa.
  • Pernyataan Dwikorita juga diamini Widiyantoro. “Semakin tebal tanah aluvial, semakin kuat goncangan saat terjadi gempa,” katanya.
  • Widiyantoro menyatakan bahwa keadaan alluvium berbeda di setiap wilayah Jakarta. Di Jakarta Utara, ketebalan alluvium mencapai 700 meter, sedangkan di Jakarta Selatan hanya sekitar 300 meter.
    Namun, ancaman gempa akan selalu ada bagi kita yang tinggal di Indonesia. Namun, daripada panik saat terjadi, ada baiknya kita mengambil langkah-langkah persiapan menghadapi gempa dengan edukasi gempa, dll.
  • Hingga saat ini, baik manusia maupun alat tidak dapat memprediksi kapan gempa akan terjadi. Para ahli dapat mengantisipasi hal ini dengan menganalisis keberadaan sesar, sesar dan kondisi tanah di daerah yang bersangkutan.
  • Sumber :
  1. GB WA Download Versi Lama
  2. FM whatsapp Anti Banned 2021
  3. Whatsbluetext Apk agar Tulisan Berwarna dan Cantik
  4. Cara Bermain Qiu Qiu di Higgs Domino Lengkap Dengan Urutan Kartu
  5. WhatsApp Plus Terbaru Dan Terbaik 2021
  6. Cara Mendapatkan Uang Di Snack Video Dengan Mudah Dan Cepat 2021
  7. Download TikTok Mod Apk Unlimited Coins, No Watermark, Unlimited Fans & Like Gratis 2021
  8. Manfaat transformasi digital bagi perusahaan
  9. Halodoc Satu-satunya startup di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar Digital Health 150
  10. Game Free Fire Max 4.0 Download
  11. X8 Speeder Apk Download
  12. Yandex Blue China
  13. X8 Speeder Higgs Apk
  14. Cara Uninstall Emulator Android di PC atau Laptop Sampai Bersih
  15. Manfaat Menggunakan Whatsapp Plus

admin

Related Posts

Genit ke Karyawati, Bill Gates Pernah Ditegur Microsoft

Genit ke Karyawati, Bill Gates Pernah Ditegur Microsoft

Ada yang Baru! Kode Penukaran Higgs Domino 8 September

Ada yang Baru! Kode Penukaran Higgs Domino 8 September

APK Terbaru Bulan September 2021, TERCEPAT MEMBAYAR!

APK Terbaru Bulan September 2021, TERCEPAT MEMBAYAR!

Pengertian Teks Negosiasi, Struktur, Ciri, Kaidah, Langkah dan Contoh

Pengertian Teks Negosiasi, Struktur, Ciri, Kaidah, Langkah dan Contoh