Desain Kamar Tidur Anak – Panduan Serta Gambar Contoh

Menurut pakar psikolog ketika anak menginjak umur 2-5 tahun saatnya untuk belajar tidur terpisah dari orang tua. Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus menyiapkan kamar tidur anak yang ideal dan nyaman agar anak betah dikamar tidur barunya.

Desain kamar tidur anak harus dibuat senyaman dan seunik mungkin, tempatkan dekorasi seperti mainan atau karakter kartun yang anak suka didalam kamar barunya, atau Anda juga bisa mendekor kamar dengan tema tertentu seperti tema Hello Kitty, tema princess ataupun tema dengan warna tertentu seperti warna pink atau aqua blue.

Desain Kamar Tidur Anak Laki-Laki

Desain Kamar tidur tema Spiderman

Desain Kamar Tidur Anak

Kamar tidur anak dengan tema tokoh superhero bisa menjadi salah satu pilihan jika Anda ingin mendekorasi kamar tidur untuk anak laki-laki. Cukup dengan menggunakan wallpaper tokoh Spiderman dilengkapi dengan wallpaper gambar gedung pencakar langit, kamar yang asalnya biasa-biasa saja bisa menjadi lebih istimewa dan disukai oleh anak.

Karena menggunakan wallpaper jadi diusahakan sebisa mungkin untuk tidak menaruh banyak benda dikamar yang dapat menghalangi gambar wallpaper di dinding.

Jika ingin yang lebih simpel lagi bisa dengan mendesain dindingnya seperti ini, wallpaper dengan gambar gedung pencakar langit dan bantal spiderman juga cukup untuk mendapatkan sensasi kamar anak tema spiderman.

Kamar tidur untuk anak usia 2-5 tahun

Untuk anak yang masih berusia 2 hingga 5 tahun lebih baik jika ranjangnya memiliki penghalang di kedua sisi ranjang agar anak tidak terjatuh ketika tidur, kemudian usahakan ranjang yang dipakai juga tidak terlalu tinggi agar anak bisa naik dan turun sendiri dari kasurnya.

Desain kamar anak diatas dikhususkan untuk anak umur 2 hingga 5 tahun, ranjang yang dipakai tidak terlalu tinggi dan disebelah kanan ada penghalang agar anak tidak jatuh sedangkan di sebelah kirinya di tempelkan ke tembok yang sudah diberi dekorasi gambar pohon.

Jika anak suka dengan karakter kartun seperti Tayo the Little Bus, Anda juga bisa mendesain ranjang berbentuk kendaraan yang dilengkapi dengan lemari buku berbentuk seperti pompa bensin. Selain sebagai tempat tidur, Anak juga bisa bermain di ranjangnya.

Kamar tidur untuk Anak kembar

Bagi Anda yang mempunyai anak kembar, desain kamar tidurnya bisa disatukan seperti ini. Agar tidak saling iri satu sama lain furnitur yang digunakan bisa disamakan dari mulai jenis dan warnanya. Tentu saja desain seperti diatas hanya bisa diaplikasikan jika ruangan kamar tidurnya cukup luas.

Nah jika kamar tidurnya sempit bisa dengan menggunakan ranjang dua tingkat seperti ini, dengan begitu Anda bisa menghemat space ruangan.

Baca Juga : 50+ Gambar Hello Kitty

Kamar Tidur Anak Perempuan

Desain Kamar Tidur Ukuran Kecil

Desain Kamar Tidur Ukuran Kecil

Jika ruangan untuk kamar tidur anak tidak terlalu luas, Anda tidak perlu bingung, karena dengan ukuran kamar tidur yang kecil pun sebenarnya bisa kita makeover menjadi kamar tidur yang nyaman dan ceria untuk si buah hati. Pastikan untuk memberikan pernak-pernik yang terkesan girly dengan paduan warna yang cerah agar anak betah tinggal di kamar tidur barunya.

Ide desain kamar tidur anak perempuan ukuran kecil selanjutnya yaitu tempatkan ranjang di sisi ruangan hingga menempel dengan tembok kemudian pilih lemari pakaian yang tidak terlalu besar agar ruangan terkesan luas, tempatkan boneka-boneka kecil yang lucu dikamar agar anak perempuan anda betah dengan kamar tidur barunya.

Desain Kamar Tidur Minimalis

Desain Kamar Tidur Minimalis

Desain kamar anak perempuan yang minimalis, tidak terlalu banyak dekorasi ataupun furniture tapi tetap memberikan nuansa girly dan kalem. Untuk mencapai hal tersebut Anda bisa menggunakan wallpaper dengan gambar-gambar yang menunjukkan feminim seperti misalnya gambar gaun princess dan pita, jangan lupa juga untuk menggunakan bedcover dengan motif yang selaras dengan wallpaper yang digunakan.

Nah gambar ini menunjukkan bahwa kamar anak tidak harus terlalu banyak furniture yang bisa membuat ruangan menjadi sempit, desain minimalis bisa dengan memainkan warna cat tembok kamar tidur dengan ornamen yang simpel. Desain kamar tidur diatas merupakan perwujudan dari kamar anak dengan desain minimalis.

Warna Cat Kamar Tidur Anak perempuan

Warna Cat Kamar Tidur Anak perempuan

Warna cat kamar tidur anak harus sesuai dengan warna furnitur yang digunakan, jadi lebih baik jika pemilihan warna cat kamar itu ada di tahap terakhir dekorasi kamar tidur setelah pemilihan tema dan furnitur.

Warna cat yang cocok untuk kamar tidur anak perempuan sebaiknya pilihlah yang warnanya tidak terlalu mencolok, pilihan yang bagus untuk warna cat kamar adalah warna pink muda, ungu muda, hijau muda dan aqua blue. Jika Anda punya budget lebih sebaiknya gunakan wallpaper, karena dengan menggunakan wallpaper kita bisa lebih menyesuaikan dengan tema kamar anak.