Pentingnya Jaga Kesehatan Mata Selama WFH dan PJJ

Pentingnya Jaga Kesehatan Mata Selama WFH dan PJJ

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH dan PJJ

jaga-kesehatan-mata

Masyarakat memasuki fase kenormalan baru di masa pandemi COVID-19, dengan sebagian besar kegiatan tatap muka digantikan dengan rapat online, baik untuk bekerja dari rumah (WFH) bagi karyawan maupun pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diikuti oleh para mahasiswa. Semua itu dilakukan untuk membendung penyebaran virus corona.
Kebiasaan baru ini tanpa disadari membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan perangkat elektronik, mulai dari smartphone, laptop, komputer dan tentunya sering berinteraksi dengan layar. WFH dan PJJ membuat kita menatap layar lebih lama dari biasanya.

Kondisi ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mata. Menatap layar perangkat dalam waktu lama menyebabkan gangguan penglihatan, yang dalam kedokteran sering disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS), juga dikenal sebagai kelelahan visual.
Gangguan penglihatan sering menyebabkan beberapa penyakit, seperti ketegangan dan kelelahan mata, penglihatan kabur, dan mata kering. Hingga nyeri di leher, bahu dan punggung.

Sebelum kita memperhatikan gangguan penglihatan ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata di rumah selama WFH dan PJJ.

1. Makan makanan bergizi
Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, makanan bergizi dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk membantu menjaga kesehatan mata dan organ tubuh lainnya. Makan makanan bergizi untuk memenuhi diet tubuh dapat dicapai melalui makan sayuran hijau, buah-buahan, daging dan telur, kacang-kacangan dan biji-bijian, ikan dan makanan laut lainnya, bahkan susu.
Selain itu, Anda tidak boleh melewatkan asupan vitamin A yang sangat penting untuk fungsi visual dan kesehatan mata.
Gaya hidup sehat juga dapat dicapai melalui rencana makan teratur untuk menghindari rasa lapar di luar waktu makan. Perhatikan juga bahwa jumlah atau porsi makanan yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH dan PJJ (1)
cari untuk memperbesar
Ilustrasi makanan bergizi. Foto: Shutterstock

2. Olahraga teratur
Konsumsi makanan bergizi juga harus diimbangi dengan olahraga teratur. Demi keamanan, agar terhindar dari penularan virus corona, Anda bisa berlatih di rumah. Namun, ketika Anda harus keluar, Anda harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari keramaian.
Sebelum berolahraga, Anda perlu melakukan pemanasan, termasuk pendinginan setelah berolahraga. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit sehari.
Anda juga bisa melakukan senam mata sebelum memulai aktivitas WFH dan PJJ. Manfaatnya membuat mata lebih nyaman, mengatasi mata lelah, mencegah penglihatan kabur, dan fokus lebih baik. Latihan mata hanya memakan waktu beberapa menit. Ini sangat direkomendasikan, terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan layar.

3. Jauhi gadget sejenak
Ada baiknya untuk menjadwalkan waktu istirahat dan istirahat dengan gadget antara WFH dan PJJ. Hal ini dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Menonaktifkan perangkat untuk sementara juga dapat membantu Anda dan keluarga melakukan sesuatu yang memperkuat hubungan.
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH dan PJJ (2)
cari untuk memperbesar
Gambar menghadap monitor. Foto: Kevin S. Kurnianto / kumparan

4. Istirahat dan tidur yang cukup
Tidur yang cukup dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda, termasuk mata Anda. Lama tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 6-8 jam. Anda juga bisa meluangkan waktu 10-15 menit untuk tidur siang atau istirahat.
Menatap layar monitor dalam waktu lama dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Oleh karena itu, berkediplah secara teratur setiap 20 menit untuk mengurangi ketegangan mata. Istirahatkan mata Anda dengan melihat objek sejauh enam meter selama 20 detik.

5. Pilih alat kesehatan mata yang tepat
Ada pertimbangan penting yang harus dibuat saat memilih monitor yang mendukung WFH dan PJJ karena ada banyak interaksi antara layar dan mata. Monitor yang cocok untuk kesehatan mata adalah BenQ Eye-Care GW2780T.
Monitor GW2780T memiliki keunggulan mudah dilihat, dapat disesuaikan ketinggiannya dengan postur setiap pengguna, baik orang tua maupun anak-anak, dan konektivitas yang luas untuk mendukung pekerjaan dan hiburan untuk memenuhi semua kebutuhan .

Sumber :

admin

Related Posts

5 Alasan Kenapa PS5 Harus Jadi Prima Donna Gamer Harus Tahu!

5 Alasan Kenapa PS5 Harus Jadi Prima Donna Gamer Harus Tahu!

realme X NG Indonesia membuktikan foto “Low Light” dari kamera realme 9 Pro+

realme X NG Indonesia membuktikan foto “Low Light” dari kamera realme 9 Pro+

Itulah keunggulan lensa Sony FE 24-70mm F2.8 GM II

Itulah keunggulan lensa Sony FE 24-70mm F2.8 GM II

Cara Pesan Tiket Bioskop Online lewat GoTix, Cetak Tiket dan Biaya Adminnya

Cara Pesan Tiket Bioskop Online lewat GoTix, Cetak Tiket dan Biaya Adminnya