Mengenal Macam-macam Penyerbukan dan Contohnya

Mengenal Macam-macam Penyerbukan dan Contohnya

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas penyerbukan yang terjadi pada tumbuhan berbiji. Pernahkah Anda mendengar kata penyerbukan? Lalu apa saja perantara dalam penyerbukan. Pada pemuliaan tanaman generatif pada tanaman berbiji dilakukan penyerbukan, yang kemudian dilanjutkan dengan proses pemupukan.

Mengenal-Macam-macam-Penyerbukan-dan-Contohnya

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman belajar matematika dasar Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Definisi penyerbukan
Penyerbukan atau penyerbukan (dari bahasa Inggris, cf. pollen pollen, “pollen”) adalah jatuhnya serbuk sari di permukaan putik. Bagi kebanyakan bunga, ini berarti “jatuh di atas putik”. Penyerbukan merupakan bagian penting dari proses reproduksi tanaman berbiji.

Penyerbukan yang berhasil segera diikuti oleh pertumbuhan alang-alang, yang masuk ke dalam putik sel telur. Peristiwa penting berikutnya terjadi di sel telur, pembuahan.

Penyerbukan adalah peristiwa dimana serbuk sari menempel pada putik. Penyerbukan bisa disebut Persia. Ada juga bagian stempel yang memiliki rambut halus dan ada pula yang berlendir, yang fungsinya agar bedak mudah menempel pada stempel.

Perantara penyerbukan

Serbuk sari dapat mencapai putik secara alami atau dengan bantuan manusia. Tentu saja, serbuk sari dapat mencapai kepala putik dengan bantuan angin, hewan, dan air. Perantara yang dapat menyebabkan penyerbukan disebut penyerbuk.

Berdasarkan mediatornya, penyerbukan dapat dibedakan menjadi tiga wilayah, yaitu penyerbukan angin dan penyerbukan air serta penyerbukan manusia.

Penyerbukan hewan

Hewan pada umumnya dapat berperan sebagai penyerbuk yaitu serangga seperti kupu-kupu dan lebah. Selain serangga, siput, kelelawar, dan burung merupakan hewan lain yang juga berperan dalam penyerbukan.

Tumbuhan, seperti bunga, diserbuki oleh hewan dibedakan oleh fakta bahwa mereka memiliki mahkota beraneka ragam yang berfungsi sebagai daya tarik, memiliki kelenjar nektar dan memiliki bau yang harum.

Proses penyerbukan terjadi ketika lebah, kumbang atau kupu-kupu menyedot madu dan serbuk sari menempel di tubuh mereka. Jika lebah, serangga, atau kupu-kupu ini hinggap di bunga lain dari spesies yang sama, penyerbukan terjadi.
Penyerbukan oleh angin

Ciri-ciri tumbuhan yang terserbuki angin adalah sebagai berikut

Bunga tidak memiliki kelenjar nadi dan tidak berwarna.
Memiliki banyak serbuk sari dan cahaya sehingga sangat mudah tertiup angin.
Kepala sari berukuran besar dan batangnya panjang, sehingga banyak bergoyang tertiup angin.
Putiknya terentang dan panjang.

Contoh tumbuhan atau bunga penyerbuk angin adalah cornflowers, grass flowers, dan coconut blossoms.

Penyerbukan oleh manusia

Tanaman yang proses penyerbukannya dibantu air adalah tanaman bunga atau tanaman yang terendam air, seperti tanaman B. hydrila. Selain ketiga jenis perantara yang muncul secara alami di atas, proses penyerbukan juga dapat dilakukan dengan bantuan manusia.

Contoh tumbuhan yang proses penyerbukannya didukung oleh manusia adalah tumbuhan vanili dan salak.

Bunga pada tanaman salak dan vanili berkelamin tunggal, sehingga terdapat bunga jantan dan betina. Dan untuk memudahkan penyerbukan, bunga jantan berisi serbuk sari dipetik, yang kemudian ditempelkan pada bunga betina yang sudah mulai matang.
Penyerbukan dengan air

Penyerbukan ini terjadi pada tumbuhan yang bunganya terendam air, seperti hydrilla. Serbuk sari yang terbawa air mengalir ke putik.

Jenis penyerbukan

Penyerbukan atau pembuahan telur dan perkembangannya hanya terjadi ketika serbuk sari mencapai kepala putik. Penyerbukan adalah perpindahan serbuk sari dari kepala ke kepala putik. Penyerbukan berbeda dengan pembuahan. Penyerbukan adalah perpaduan gamet jantan dan betina. Ada dua jenis penyerbukan, yaitu penyerbukan sendiri dan penyerbukan silang. Penyerbukan sendiri adalah proses penyerbukan putik dengan serbuk sari yang diambil dari bunga itu sendiri atau dari bunga lain dari tanaman yang sama. Penyerbukan silang adalah proses pemindahan serbuk sari dari kepala sari satu bunga ke kepala putik bunga tanaman lain atau spesies terkait lainnya. Penyerbukan dapat dibantu oleh angin dan serangga, burung, siput, dan hewan kecil lainnya.

 

  Lihat Juga : Soal dan pembahasan matematika dasar sbmptn

admin

Related Posts

Yuri SNSD Syuting Drama ‘Sound Of Heart 2’,

Yuri SNSD Syuting Drama ‘Sound Of Heart 2’,

10 Artis Berikut Bikin Usaha Bareng Kakak dan Adiknya

10 Artis Berikut Bikin Usaha Bareng Kakak dan Adiknya

Rumah Mewah Muzdalifah Disulap Jadi Warung Makan

Rumah Mewah Muzdalifah Disulap Jadi Warung Makan

10 Potret Gya Sadiqah, Sepupu Raffi Ahmad Jadi Sorotan

10 Potret Gya Sadiqah, Sepupu Raffi Ahmad Jadi Sorotan