Pengalaman dan Cara Upgrade Ram Laptop

Saya termasuk kaum orang-orang yang gaptek, saya bisa menggunakan laptop tapi kalau urusan prosessor, ram dan seluk beluk lainnya jujur saja saya kurang mengerti. Saya hanya tahu ramnya berapa giga, prosessor laptop saya apa dan berapa giga hardisk laptop yang saya pakai, mungkin ilmu saya hanya sampai sebatas itu. Nah kali ini saya ingin berbagi cerita pengalaman ketika beberapa hari yang lalu upgrade ram laptop dari 2Gb ke 4GBb (2gb+2gb).

Pengalaman dan Cara Upgrade Ram Laptop

Saya memakai laptop jadul Asus A43S, ini laptop saya beli ketika dulu tahun 2012an dan pada saat itu spek laptop yang saya punya bisa dikatakan standar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, speknya yaitu ram 2gb, prosessor intel core i3, vga Nvidia GeForce GT520M. Tapi semakin kesini laptop dengan ram 2gb itu sudah bisa dikatakan tidak layak untuk dipakai, kenapa? karena untuk memakai OS Windows 10 saja ramnya udah cekak dan habis untuk menjalankan OS win 10nya, belum aplikasi lain yang juga membutuhkan memory ram.

Penggunaan Ram di windows 10

Bisa dilihat di gambar atas, windows 10 menggunakan sekitar 2Gb ram dan ketika saya buka aplikasi lain semisal browser firefox penggunaan ram ada di angka 51% atau 2Gb lebih.

Laptop ram 2Gb itu gabisa untuk menjalankan windows 10, bisa sih tapi saya yakin ga sampai sehari kamu downgrade lagi ke windows 7, karena memang ram 2gb ketika memakai windows 10 yang saya rasakan malah jadi lelet, intinya pemakaian memory akan ada di angka 97% keatas.

Entah terbersit apa tapi beberapa hari yang lalu saya punya keinginan untuk upgrage ke windows 10, mungkin karena bosen sudah hampir 7 tahun lebih saya pakai windows 7. Mulailah searching di google dan memang orang lain juga bilang minimum untuk menggunakan windows 10 adalah ram 2gb, tapi karena sudah pernah coba dan ga memungkinkan untuk menjalankan windows 10 di ram 2gb akhirnya saya cari lagi harga ram laptop bekas, kenapa cari yang bekas? biar murah :D, dan ternyata harga ram itu tidak semahal yang saya pikirkan, untuk ram 4gb harganya sekitar 300rb keatas sedangkan yang 2gb dikisaran harga 200rb-an.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli ram baru untuk laptop :

  • Ram laptop dengan ram PC itu beda, jadi pastikan tanyakan ke penjualnya apakah ramnya untuk laptop atau PC.
  • Ram laptop juga tidak semuanya sama, ada beberapa jenis seperti DDR2 dan DDR3, juga kecepatannya pun berbeda. Kalau mau amannya buka dulu laptopnya kemudian foto spesifikasi atau tulisan yang ada di ramnya dan bandingkan dengan ram yang ingin dibeli, dan kalau bisa ramnya beli dengan merk yang sama.
  • Ram bekas bisa menjadi pilihan jika budgetnya pas-pasan, di bukalapak ataupun tokopedia banyak yang jual ram bekas dengan harga miring atau ram copotan dari laptop lain.

Ketika kemarin saya lihat-lihat harga ram, saya ingat di rumah ada bangkai laptop Toshiba Satellite L645, disebut bangkai karena laptop ini sudah mati total dan walaupun sudah di service tetap ga mau hidup lagi, akhirnya terbengkalai terkubur debu di gudang. Kecil kemungkinan kalau spesifikasi ram Asus A43S akan sama dengan ram laptop Toshiba Satellite L645, tapi kalau tidak dicoba ya mana tahu, akhirnya saya bongkar bagian belakang bangkai laptopnya kemudian saya ambil ramnya.

Cara upgare ram laptop
yang saya kotakin biru-merah itu adalah ram, Ram bawaan berwarna biru sedangkan ram copotan Toshiba berwarna hijau.

Saya tambahkan ram hasil copotan tadi ke laptop Asus dengan penuh harap, setelah ramnya ditambahkan ke slot ram kedua saya coba hidupkan laptop dalam posisi cover belakang masih kebuka karena kalau misalnya laptopnya ga hidup atau ramnya tidak kedetek ga perlu bongkar baut belakang lagi. Alhamdulillah . . . itulah yang saya ucapkan ketika booting laptopnya normal dan ketika di cek di my computer ram memory yang terdetek adalah 4Gb bukan 2Gb lagi, itu artinya ram copotan laptop Toshiba cocok dengan ram laptop Asus yang saya pakai.

Asus A43S Upgrade Ram 4Gb

Senang bercampur haru,,, ga usah lebay lah :D. Sekarang laptop Asus yang saya pakai ramnya sudah 4Gb, 2Gb ram bawaan dan di slot ram kedua ditambahkan ram 2Gb copotan dari laptop Toshiba. Setau saya kalau ga salah semua laptop itu punya 2 slot ram jadi jika ingin upgrade misalnya ke ram 4Gb ada dua pilihan yaitu membeli ram yang 4Gb 1 keping atau bisa juga dengan memakai ram 2Gb dua keping. Bedanya apa? jika beli yang langsung 4Gb satu keping maka jika nanti ingin upgrade ke ram 8Gb kamu cukup beli lagi ram 4gb satu keping lagi, tapi jika beli yang 2Gb maka kalau suatu saat nanti mau upgrade ke 8Gb kamu harus beli yang 4Gb dua keping atau langsung beli yang 8Gb 1 keping, begitulah teorinya.

Nah setelah mengetahui kalau ram laptop Asus saya sudah menjadi 4Gb rasanya tangan udah gatel pengen cepet-cepet upgrade ke windows 10. Tapi pengalaman upgrade ke windows 10 akan saya bahas di artikel selanjutnya, kenapa kok cerita upgrade windows saja harus di publikasikan, karena cerita gua beda dengan cerita kebanyakan orang :D.

Oke, itulah pengalaman sekaligus cara upgrade ram laptop, tidak perlu takut untuk membuka cover belakang tapi kalau laptopnya masih ada garansinya sebaiknya pikir-pikir dulu, karena sebagian laptop ketika mau buka cover belakang dia harus merusak seal garansi, jadi kalau covernya dibuka garansinya juga akan hangus. Saya tidak begitu memikirkan garansi, toh ini laptop tua bangka garansinya juga sudah lewat beberapa tahun silam.

Artikel menarik lainnya : Gambar Animasi Muslimah

Tanya jawam seputar Cara Upgrade Ram :

Tanya :

Bagaimana cara membuka cover belakang laptop?

Jawab :

Tidak serumit yang dibayangkan, kalau untuk keperluan ganti ram tidak perlu membuka semua cover belakangnya, biasanya setiap laptop ada cover khusus untuk upgrade ram, lihat gambar diatas hanya sebagian cover belakang yang terbuka.

Tanya :

Jika ganti ram sendiri apa saja alat yang dibutuhkan?

Jawab :

Cukup obeng kecil untuk membuka cover bagian belakang laptop, tidak perlu alat lain.

Tanya :

Jika ganti ram apa ada bagian yang harus di solder atau dilubangi?

Jawab :

Tidak, ganti ram atau menambah ram cukup plug and play, ram itu hanya di jepit oleh dua buah pin, jadi mencopot dan memasang ram itu cukup dengan jari tidak perlu alat.

Tanya :

Ganti ram apa harus ke toko komputer?
Jawab :

Tergantung, kalau sekiranya masih merasa was-was silahkan ke toko komputer, saya sarankan untuk membeli ram sekaligus dipasang langsung ditokonya jadi jika ramnya tidak kompatibel ya ga usah dibeli.

Tanya :

Apakah ganti ram butuh waktu lama?
Jawab :

Tidak, hanya buka cover belakang, pasangin ram, tutup lagi. Harusnya ga sampai 15 menit sudah beres.