Pengertian Fisika, Manfaat, Tujuan, Menurut Para Ahli

Pengertian Fisika, Manfaat, Tujuan, Menurut Para Ahli

Fisika berasal dari bahasa Yunani dan artinya “ALAM”. Fisika adalah studi ilmiah yang mempelajari sifat dan gejala benda di alam. Gejala ini awalnya dirasakan oleh panca indera kita, mis. Misalnya, penglihatan melihat optik (cahaya), pendengaran menemukan studi tentang suara dan panca indera peraba dapat terasa panas atau dingin.

Pahami fisika

pengertian-fisika

Mengapa kita harus belajar fisika? Fisika adalah studi ilmiah yang sangat mendasar karena membahas seluruh perilaku dan struktur benda, terutama benda mati. Fisika merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari semua fenomena alam secara keseluruhan. Dari sejarah, fisika adalah bidang ilmu yang merupakan yang tertua dari semua kajian ilmiah lainnya, karena fisika ini dimulai dengan observasi – mengamati pergerakan benda-benda langit, seperti B. seperti lintasannya, periode, umurnya dan sebagainya.

Bidang fisika ini dimulai berabad-abad yang lalu dan berkembang pada masa Galileo dan Newton. Galileo juga merumuskan hukum benda jatuh, sedangkan Newton mempelajari gerak secara umum termasuk pergerakan planet di tata surya.

Seperti saat ini, fisika mendukung setiap perkembangan teknologi, komunikasi dan industri, termasuk teknik, kimia, kedokteran, biologi, dll. Fisika dapat menjawab setiap pertanyaan tentang suatu fenomena atau peristiwa yang menarik. Contohnya adalah:

  • Mengapa bumi bisa mengelilingi matahari?
  • Bagaimana udara menahan pesawat yang berat?
  • Mengapa langit tampak biru?
  • Bagaimana siaran radio / TV menjangkau lokasi terpencil?
  • Mengapa sifat kelistrikan penting dalam sistem komunikasi dan industri?
  • Bagaimana misil dapat diarahkan ke target yang jauh, bahkan antar benua?
  • Terakhir, bagaimana pesawat mendarat di bulan?

Hal-hal di atas semuanya dipelajari di berbagai bidang fisika.

Dalam bidang fisika secara garis besar dibedakan menjadi dua kelompok yaitu fisika klasik dan fisika modern. Fisika klasik muncul dari gejala yang ditangkap oleh panca indera. Ketika fisika klasik mencakup mekanika, kalor, suara, optik, listrik magnetik, dan gelombang yang membentuk batas antara fisika klasik dan fisika modern. Fisika modern berkembang pada awal abad ke-20 sejak penemuan teori relativitas dan radioaktivitas Einstein oleh keluarga Curie.

Pahami fisika menurut para ahli

KBBI

menyatakan bahwa fisika adalah ilmu yang membahas tentang materi dan energi seperti cahaya, panas, suara, dll.

ensiklopedi

Fisika adalah ilmu yang mempelajari suatu benda dan geraknya serta manfaatnya bagi kehidupan.

Bambang Ruwanto

Fisika adalah bagian dari penelitian dasar dan ilmu dasar.

Efrizon Umar

Fisika adalah ilmu yang didasarkan pada berbagai besaran dalam kajian fisika.

Mikrajudin

Fisika merupakan cabang ilmu yang terpenting karena prinsip merupakan landasan dari setiap cabang ilmu.

Jung, Hough D.

Fisika adalah ilmu yang paling dasar dari ilmu-ilmu lain.

Osa Pauliza

Fisika dapat diukur dan juga memiliki nilai dalam satuan.

Brockhaus

Fisika adalah pelajaran tentang fenomena atau peristiwa alam, eksperimen (eksperimen), penelitian, yang memungkinkan pengukuran atas dasar kaidah umum, serta representasi sistematis.

Gerthsen

Fisika adalah teori yang mendeskripsikan berbagai jenis fenomena alam dengan cara yang sesederhana mungkin dan juga mencoba menemukan hubungan antara setiap realitas. Masalah dasarnya adalah menyelesaikan masalah dengan mengamati gejala-gejala ini.

Dahmen

Fisika adalah uraian tertutup dari berbagai peristiwa fisik berdasarkan hukum fundamental.

Derux

Fisika adalah studi ilmiah yang mencoba mendeskripsikan dan menjelaskan hukum alam dan berbagai peristiwa alam dengan gambar yang sesuai dengan pemikiran manusia.

Weizacher

Fisika merupakan teori chaos untuk memperoleh berbagai alternatif empiris dengan melakukan eksperimen (eksperimen) yang dapat dibedakan.

E. Budikase dan Nyoman

Fisika adalah ilmu yang banyak dan membutuhkan lebih banyak pemahaman daripada menghafal.

Kusuma

Fisika adalah studi ilmiah yang mempelajari fenomena alam yang terjadi pada energi (materi) yang menempati ruang dan juga bermassa. Fisika merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari semua fenomena alam secara keseluruhan.

Drs. Supiyanto, M.Si.

Fisika adalah ilmu yang mempelajari ilmu dasar yang menjadi tulang punggung perkembangan ilmu apapun.

Keuntungan fisika

Mempelajari fisika memiliki banyak keuntungan. Sejak awal mempelajari fisika telah terbukti bahwa fisika dapat membantu manusia dalam menjalankan aktivitas atau aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih mudah. Beberapa keuntungan belajar fisika adalah:

  • Fisika bisa mengungkap rahasia alam.
  • Fisika berperan besar dalam penemuan teknologi.
  • Fisika berada di garis depan perkembangan teknologi.
  • Fisika merupakan ilmu fundamental yang memiliki andil dalam perkembangan ilmu-ilmu lain.
  • Fisika dapat melatih kita dalam berpikir logis dan sistematis.

Hubungan fisika dengan ilmu lain

Fisika di bidang pengukuran

Fisika lahir dan juga dikembangkan dari hasil eksperimen dan observasi observasi. Eksperimen (eksperimen) dan observasi (observasi) membutuhkan pengukuran dengan alat ukur untuk memperoleh data / observasi yang bersifat kuantitatif. Dalam fisika, panjang, volume, dan suhu dapat diukur. Sesuatu yang bisa diukur disebut ukuran. Ada dua komponen utama ukuran, yaitu nilai dan kesatuan. Dalam mempelajari fisika juga harus ditekankan bahwa tidak semua besaran dalam fisika memiliki satuan, misalnya indeks bias dan massa jenis relatif.

Tujuan fisika

Tujuan belajar fisika memang seperti ini

  • Kita bisa mengetahui bagian dasar dari suatu objek
    memahami interaksi antar objek,
    mampu menjelaskan fenomena alam yang terjadi.
  • Meskipun fisika terbagi menjadi beberapa bidang, hukum fisika bersifat universal. Gambaran suatu fenomena dari suatu bidang fisika tertentu dapat menghasilkan hasil yang sama bila dilihat dari bidang fisika lain. Selain konsep dasar fisika, tidak hanya mendukung perkembangan fisika itu sendiri, tetapi juga perkembangan ilmu dan teknologi lainnya. Fisika mendukung penelitian murni atau terapan.

Ahli geologi menggunakan metode gravimetri, akustik, listrik dan mekanik dalam penelitian mereka. Peralatan modern di rumah sakit juga menerapkan ilmu fisika. Selain teknologi radio, astronom juga membutuhkan spektografi optik. Demikian pula, ahli meteorologi (ilmu cuaca), oseanologi (ilmu kelautan) dan seismologi membutuhkan gelar sarjana fisika.

Sumber :

admin

Related Posts

Polimer : pengertian, struktur, dan kegunaannya

Polimer : pengertian, struktur, dan kegunaannya

Pengertian Makanan, Fungsi dan Kandungannya

Pengertian Makanan, Fungsi dan Kandungannya

Pemasaran Jasa: definisi, karakteristik, karakteristik, strategi

Pemasaran Jasa: definisi, karakteristik, karakteristik, strategi

Contoh teks pameran: definisi, jenis, struktur, bahasa

Contoh teks pameran: definisi, jenis, struktur, bahasa